Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar, Agar Cepat Sembuh

Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar, Agar Cepat Sembuh

Bagi seorang ibu, tidur setelah melahirkan adalah sesuatu yang sangat membahagiakan. Meskipun ibu belum bisa tidur secara sempurna.

Sangat penting nih untuk Bunda mengetahui bagaimana posisi tidur pasca operasi caesar yang baik dan benar.

Selain kenyamanan, posisi tidur setelah operasi caesar juga berfungsi untuk mempercepat masa penyembuhan serta pemulihan.

Untuk itu, setelah menjalani operasi caesar, bunda harus memperhatikan posisi tidur, karena jika salah posisi tidur akan menyebabkan efek samping pada tubuh anda.

Berikut ini adalah Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar yang direkomendasikan adapun seperti dibawah ini :

  1. Tidur terlentang

Posisi tidur setelah operasi caesar yang pertama adalah terlentang, posisi tidur dengan kondisi terlentang akan membuat tubuh dan kondisi luka serta jahitan pasca operasi lebih aman dan bebas resiko pendarahan maupun resiko lain seperti nyeri dan lain-lain.

Hal ini disarankan, karena setelah operasi caesar tubuh anda akan sangat lemah untuk itu dengan posisi tidur terlentang akan membuat anda lebih nyaman serta membantu kondisi tubuh anda agar segera pulih saat tidur.

Agar lebih nyaman anda bisa tidur dengan bantal dibawah lutut atau alas sprei atau bedcover yang lembut agar membuat tubuh anda lebih nyaman.

Beberapa ibu merasa lebih nyaman tidur dengan posisi terlentang. Thompson mengatakan untuk menaruh bantal jika tidur terlentang.

Hal ini akan memberikan kenyamanan lebih untuk punggung bawah Anda. Mengenakan pakaian longgar saat tidur juga dianjurkan untuk menjaga dari gerakan yang dibatasi, katanya.

“Tapi jika posisi terlentang lebih disukai dan tidak terlalu menyakitkan, bantal harus ditempatkan dibawah lutut,” kata Thompson“Bantal di bawah lutut akan membuat punggung enakan. Bantal ditaruh bawah di kedua lutut anda. Di bagian tengah antara perut dan lutut harus longgar, dan bagian lutut kebawah posisinya lebih datar dari kepala Anda.”

2. Tidur dengan posisi kepala dan badan lebih tinggi atau posisi tidur 45 derajat

Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar yang kedua adalah tidur dengan posisi kepala dan badan lebih tinggi dari kaki, anda bisa tidur dengan cara seperti ini jika dirasa lelah tidur terlentang terus menerus.

Caranya cukup mudah anda bisa menggunakan dua bantal atau lebih untuk mengganjal badan atau kepala anda.

posisi tidur pasca operasi caesar

Selain nyaman bagi anda setelah operasi caesar, posisi tidur seperti ini juga mampu membuat punggung dan pinggang lebih rilexs dan bebas pegal juga mencegah jahitan pada perut anda terlepas atau berdarah karena terkena gerakan.

Statt mengatakan wanita mungkin juga ingin mencoba posisi tidur 45 derajat. “Jika Anda menjalani operasi caesar, Anda mungkin berisiko lebih besar mengalami obstructive sleep apnea (OSA). Hal ini karena adanya fluktuasi hormon sebelum dan sesudah kehamilan,” .

“Perubahan kadar hormon ini bisa membuat tekanan yang tidak semestinya di jalur pernapasan. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan bernafas lega, naikkan diri Anda dengan sudut 45 derajat dengan bantal.” Morgan Statt menambahkan.

Tidak peduli bagaimana posisi tidur Anda. Peters mengatakan penting untuk berhati-hati ketika bangun dari tempat tidur dengan menghindari gerakan otot perut.

Cari tahu : Berapa Lama Darah Nifas Keluar Pasca Operasi Caesar?

“Ketika di rumah sakit, Anda menggunakan bed control electric untuk menaikkan bagian kepala tempat tidur. Ketika Anda berada di rumah, Anda mungkin ingin menempatkan kursi di samping tempat tidur Anda untuk jaga-jaga.” Ia menjelaskan

Supaya aman bangun dari tempat tidur, Peters mengatakan “Anda harus berguling ke samping, kemudian ayunkan kaki dari tempat tidur. Gunakan kursi untuk membantu mengangkat tubuh atau untuk duduk.”

Untuk kembali beraktifitas, paling tidak biasanya membutuhkan waktu dua minggu. “Beraktifitas dengan pelan pada awalnya adalah normal, [Tapi] dalam waktu dua minggu, berjalan, dan tidur dengan nyaman biasanya dikuasai.”  Dr Amy Peters mengakhiri kesimpulannya.

3. Tidur dengan posisi Menyamping

Posisi tidur yang ketiga adalah tidur menyamping, namun anda harus berhati hati saat tidur menyamping karena tidur menyamping tidak bisa sembarangan dan harus dilakukan dengan cara yang benar dengan cara mengganjal bagian perut dengan bantal kecil agar lebih aman dan nyaman.

posisi tidur pasca operasi caesar

Namun penting untuk di ingat tidur menyamping tidak disarankan jika anda baru selesai operasi karena sesaat setelah operasi caesar jahitan anda masih basah dan juga menimalisir rasa nyeri dan perih pada area perut anda yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Posisi miring dengan bantal di antara lutut bisa menstabilkan panggul dan tulang belakang Anda. Letakkan bantal di bawah kepala jika terasa lebih nyaman. Sekali lagi, tingkat kenyamanan  harus Anda atur untuk posisi terbaik Anda.

Baca Juga : Persiapan Operasi Caesar

Dr Amy Peters , seorang dokter pengobatan osteopathic di MemorialCare Saddleback Medical Center, Laguna Hills, California. Setuju, menambahkan bahwa: “Sederhana saja, posisi tidur setelah operasi caesar yang terbaik adalah posisi tidur yang paling nyaman untuk dirinya.”

4. Tidur dengan posisi kaki lebih tinggi

Dan Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar yang terakhir adalah dengan posisi kaki lebih tinggi, caranya anda cukup tidur terlentang lalu tempatkan beberapa tumpuk bantal di kaki anda hingga posisi kaki anda lebih tinggi daripada badan anda.

Posisi tidur seperti ini selain aman dan nyaman juga dapat melancarakan peredaran darah pada kaki karena biasanya setelah operasi kaki pasien akan membengkak dan tak hanya itu saja posisi ini juga membuat luka jahitan anda lebih aman dan bebas dari bahaya.

Dan sebisa mungkin dari selesai operasi hingga sembuh anda hindari posisi tidur tengkurap karena posisi tidur bisa sangat membahayakan bagi anda maupun luka jahitan di tubuh anda karena posisi tidur seperti ini dapat menyebabkan jahitan bisa terlepas dan menyebabkan pendarahan pada area tersebut karena posisi tidur tengkurap membebankan berat tubuh pada area perut anda.

Selain itu posisi tidur tengkurap juga membuat rasa sakit serta nyeri pasca operasi semakin parah dan membuat masa penyembuhan anda berlangsung lebih lambat dan lama.

Itulah tadi artikel tentang posisi tidur setelah operasi caesar yang menjelaskan cara kerja prosedur operasi, kemungkinan risiko, hingga poin utama yaitu posisi tidur setelah operasi caesar sendiri, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Baca Juga: Perawtan Luka Operasi di Rumah