Perawatan Luka Operasi Di Rumah, Berikut Panduannya

Perawatan Luka Operasi Di Rumah, Berikut Panduannya

Perawatan Luka Operasi Di Rumah

Bagi Anda yang baru saja menjalani operasi baik itu operasi besar seperti operasi caesar, usus buntu, hernia, patah tulang dll ataupun Anda yang baru saja menjalani operasi kecil, pasti akan selalu timbul pertanyaan kapan jahitan atau perban luka operasi bisa dilepas?

Tentu saja setiap orang mendapatkan hasil yang berbeda. Selain obat pasca operasi yang dikonsumsi tentu saja ada faktor lain yang menjadi sebab luka cepat kering, salah satunya adalah bagaimana perawatan luka operasi di rumah.

Bagi sebagian besar orang tentu mengalami kebingungan dalam melakukan perawatan luka operasi di rumah, banyak juga yang mengalami ketakutan jika luka operasi justru mengalami infeksi atau perdarahan.

Perlu kita perhatikan, bahwa luka operasi akan semakin cepat sembuh jika dirawat dengan cara yang tepat. Mungkin Anda bingung bagaimana cara merawat luka jahitan operasi yang benar.

Sebenarnya melakukan perawatan luka operasi dirumah itu cukup mudah, berikut ini beberapa penjelasan tentang cara melakukan perawatan operasi di rumah, semoga penjelasan berikut ini bermanfaat.

Perawatan Luka Operasi Di Rumah

Pasien yang telah menjalani proses operasi tentu saja tidak perlu merasa khawatir jika masih berada dalam runag perawatan di rumah sakit.

Hal ini dikarenakan tim medis atau perawat biasanya akan melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengganti perban luka jahitan bekas operasi agar tidak mengalami infeksi.

Masalah akan timbul ketika dokter sudah memeberikan ijin pulang untuk Anda, biasanya akan timbul pertanyaan Bagaiaman Caranya melakukan perawatan luka operasi di rumah?

Jangan cemas, Anda bisa mengikuti cara-cara ini agar luka jahitan operasi terawat dengan baik dan cepat sembuh.

1. Perhatikan ketika perban luka jahitan operasi diganti

Sebelum pulang dari rumah sakit, tidak ada salahnya jika Anda selalu memerhatikan bagaimana perawat atau dokter merawat luka jahitan operasi Anda ketika masih di rumah sakit.

Hal ini akan membuat Anda tahu mana ciri-ciri luka operasi yang baik dan tidak. Dari situ, Anda juga bisa menilai, mana yang baik untuk dilakukan ketika mengganti dan merawat luka jahitan operasi.

Jangan sungkan untuk bertanya bila kamu memang tidak tahu. Terutama luka bekas operasi pada area sensitif dan mengharuskan luka bekas operasi tersebut agar tetap steril dan tertutup oleh perban agar terhindar dari infeksi.

Pastikan dan bertanyalah seberapa sering perban pada luka jahitan operasi harus diganti pada agar kamu tidak salah ketika sudah pulang ke rumah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak mengganti perban diantaranya:

  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  • Gunakan sarung tangan bila menolong orang lain
  • Lepas balutan lama
  • Ganti sarung tangan steril
  • Bersihkan dengan kasa steril, larutan garam fisiologis lalu keringkan
  • Oleskan salep antibiotik
  • Tutup dengan balutan tahan air atau tutup dengan kasa dan plester
  • Segera hubungi dokter bila mengalami gejala seperti nyeri pada luka atau di sekitar luka bertambah, demam, luka memerah, bengkak dan teraba hangat, berbau, gatal atau muncul jerawat di sekitar luka

2. Pastikan luka operasi selalu bersih

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara merawat luka bekas jahitan operasi agar tidak terkena infeksi. Selain rutin mengganti perban, pastikan area di sekitar luka bekas jahitan operasi kamu harus selalu dalam kondisi bersih.

Gunakan sabun pembersih khusus untuk luka bekas operasi yang disarankan oleh dokter dan jangan lupa untuk selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah kamu beraktivitas.

Luka bekas operasi biasanya tidak boleh basah atau terkena air sampai luka benar-benar kering dan sembuh. Pastikan luka bekas operasi kamu terlindungi dengan baik.

Anda harus menjaga dan merawat luka jahitan agar tidak terkena infeksi. Untuk itu, pastikan bahwa area di sekitar luka operasi Anda selalu bersih.

Jangan lupa untuk sering-sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah selesai beraktivitas.

Luka operasi biasanya tidak boleh basah atau terkena air sedikit saja, hingga luka kering dan sembuh. Karena itu, ketika Anda mandi, pastikan bahwa luka jahitan Anda telah dilindungi agar tidak terkena air.

3. Perhatikan luka operasi dari ke hari

Perhatikan luka jahitan Anda. Jika memang Anda tidak dapat mengganti perban luka jahitan operasi sendiri, Anda harus sering-sering datang ke pelayanan kesehatan terdekat untuk mengganti perbannya.

Anda bisa lihat dari luar, apakah di permukaan perban terdapat bercak merah atau kuning. Bila salah satu bercak ini terlihat pada perban luka jahitan Anda, maka mungkin saja Anda mengalami perdarahan atau luka menjadi bernanah. Segera cari bantuan medis untuk mencegah infeksi atau perdarahan bertambah parah.

perawatan luka operasi di rumah

Hindari mengangkat beban berat

Salah satu hal yang harus Anda hindari setelah menjalankan operasi adalah mengangkat benda dengan beban yang berat.

Jangka waktu yang aman untuk bisa kembali mengangkat beban berat adalah dua sampai dengan empat minggu, itupun dengan syarat beban tidak boleh lebih dari dua kilogram.

Sebaiknya konsultasikan kepada dokter yang menangani perawatan Anda untuk mengetahui berapa beban dan jangka waktu yang diperbolehkan ketika akan mengangkat beban berat.

Kurangi terkena paparan sinar matahari langsung

Sebelum kondisi kamu kembali normal, sebaiknya hindari dulu aktivitas yang terkena paparan sinar matahari. Karena akan membuat luka bekas operasi kamu terbakar dan akan semakin perih. Selain itu aktivitas yang berlebihan juga dapat menyebabkan luka bekas operasi kamu terkena infeksi yang lebih parah.

Makan makanan bernutrisi dan perbanyak asupan cairan

Selain perawatan dari luar, hal penting lainnya adalah asupan dari dalam ya Ladies. Kamu bisa perbanyak mengkonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan protein karena akan membantu proses penyembuhan luka operasi menjadi lebih cepat. Selain itu perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Berikan Suplemen Tambahan Kapsul Kutuk Pengering Luka Pasca Operasi

Sebagai suplemen tambahan ketika anda sedang menjalani perawatan luka operasi dirumah, kapsul kutuk dengan kualitas premium membantu untuk mengeringkan luka 5x lebih cepat dari kapsul kutuk lainnya.

Selain membantu agar luka cepat kering, kapsul kutuk juga membantu menghilangkan luka bekas operasi, seperti keloid setelah operasi.

advertiser link:

perawatan luka operasi di rumah

Pemesanan silahkan klik link WA:

Atau klik:

SHOPEE