Pantangan Setelah Operasi Angkat Rahim

Pantangan Setelah Operasi Angkat Rahim

Setelah menjalani operasi angkat rahim, tentu saja tubuh memerlukan waktu untuk melakukan pemulihan, tentu saja ada beberapa Pantangan setelah operasi angkat rahim yang harus dihindari agar penyembuhan pasca operasi angkat rahim lebih optimal.

Ada beberapa pantangan setelah operasi angkat rahim yang mungkin harus dihindari oleh pasien yang sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi angkat rahim, mulai dari makanan ataupun pantangan yang berupa tindakan.

Lalu apa saja sebetulnya pantangan setelah operasi angkat rahim yang harus dihindari, tim kami merangkum kurang lebih ada 15 pantangan setelah operasi angkat rahim yang harus dihindari:

Pantangan Setelah Operasi Angkat Rahim

Melakukan Pekerjaan Berat

Jika Anda dalam masa pemulihan pasca operasi angkat rahim, maka satu hal yang harus anda sadari adalah, anda diwajibkan untuk istirahat total, Anda tidak boleh melakukan pekerjaan apapun yang berat berat, hal ini dikarenakan masa pemulihan pasca operasi angkat rahim memerlukan waktu 5-6 minggu, tergantung dari kondisi fisik dan juga perawatan pasien.

Apabila anda sebagai wanita karir atau pekerja, maka sangat disarankan untuk meminta surat ijin kepada dokter selama masa pemulihan, hingga kondisi anda benar benar siap kembali untuk bekerja.

Terlalu Sering Bergerak

Salah satu masalah yang sering dialami pasien pada masa penyembuhan pasca operasi angkat rahim adalah terlalu sering bergerak.

Tentunya batas pergerakan setiap orang orang berbeda beda, bergantung pada kondisi luka bekas operasinya.

Akan tetapi, perlu diketahui bersama bahwasanya luka bekas operasi rahim  sangat mudah terbuka apabila anda sering menggerakkan tubuh terutama bagian bawah.

Oleh karena itu, pastikan untuk tidak terlalu sering bergerak sampai luka anda telah benar-benar sembuh.

Baca Juga: Operasi Caesar

Berolahraga yang Berat

Setelah dilarang melakukan pekerjaan berat dan Bergerak, maka selanjutnya pasien yang sedang dalam masa pemulihan pasca operasi angkat rahim adalah pasien harsu menghindari olahraga yang terlalu berat.

Pada umumnya olahraga itu sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi jika porsinya berat maka akan mendatangkan masalah baru bagi anda yang sedang menjalani masa pemulihan pasca operasi angkat rahim.

Anda bisa melakukan olahraga dalam intensitas yang ringan namun pastikan tidak terlalu memporsir tenaga dan beresiko menyebabkan luka anda terbuka kembali.

Jenis olahraga ringan  yang bisa anda lakukan adalah peregangan tubuh ada bagian atas, kecuali perut ke bawah.

Melakukan Hubungan Intim

Sebagai pasangan suami istri salah satu hal yang penting adalah melakukan hubungan intim. Namun, apabila dalam masa pemulihan pasca operasi angkat rahim, pantangan setelah operasi angkat rahim yang selanjutnya adalah melakukan hubungan intim.

Hubungan intim dapat berakibat pada luka bagian alat kelamin dan bagian pasca operasi yang belum sembuh benar.

Jadi pastikan untuk menghindari hubungan intim sebelum dokter menyatakan kondisi anda sudah siap untuk melakukan hubungan intim lagi.

Anda bisa menanyakan pada dokter, jika dokter tidak menyinggung hal tersebut.

Memasang Alat Kontrasepsi

Anda juga belum bisa melakukan pemasangan alat kontrasepsi hingga waktu yang ditentukan oleh dokter. Kontrasepsi adalah alat yang digunakan untuk menghambat kehamilan.

Hal ini sebenarnya sudah tidak diperlukan dengan tidak adanya rahim. Namun jika memang ingin menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya anda menunggu hingga dokter menyarankan hal tersebut sudah bisa dilakukan.

Jika dokter tidak menyetujuinya, maka sebaiknya anda menghindari berhubungan seksual terlebih dahulu hingga kondisi anda benar-benar sudah pulih.

 Stress 

Melakukan operasi angkat rahim dapat membuat seorang wanita tertekan. Sebab kebanyakan dari mereka melakukannya akibat mengalami suatu kondisi tertentu, seperti kanker rahim, kista, serta tumor rahim, dan mengharuskan rahim diangkat.

Maka dari itu, tak jarang yang merasa stres dan tertekan akibat tak bisa memiliki anak.

Bila hal ini juga terjadi pada Anda, maka sebaiknya Anda pikirkan lagi dampak buruk yang akan terjadi jika Anda tidak mengangkat rahim sesuai dengan anjuran dokter.

Mungkin saja kondisi kesehatan Anda akan lebih buruk dari kondisi sekarang. Kurangi stres dengan cara melakukan hal-hal yang Anda sukai dan nikmati waktu berkualitas Anda dengan pasangan.

Mengonsumsi Makanan Sembarangan

Salah satu hal yang banyak dikeluhkan pasca operasi angkat rahim adalah sulit buang air besar atau sembelit. Bisa jadi, hal ini disebabkan karena Anda tidak cukup mengonsumsi serat dan kurang cairan.

Jadi, jangan lupa untuk memperbanyak makanan berserat di dalam menu makan Anda untuk menghindari masalah pencernaan.

Selain itu, Anda juga harus makan makanan dengan protein tinggi. Namun, pilih makanan protein yang rendah lemak, ya.

Tubuh membutuhkan protein untuk membuat jaringan baru dan memperbaiki jaringan yang rusak, sehingga tubuh akan cepat pulih kembali.

Masalah lain yang sering dialami seorang pasien pasca operasi dilakukan adalah munculnya alergi. Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut agar luka tidak menjadi gatal dan beresko lebih lama lagi masa pemulihannya.

Kenali apa makanan yang menjadi pemicu alergi anda. Atau bisa juga kondisi seperti apa yang membuat anda mengalami alergi.

Menggunakan tampon

Hindari menggunakan tampon pasca histerektomi, karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

Namun, dalam beberapa waktu setelah operasi angkat rahim, Anda mungkin akan mengeluarkan cairan atau bahkan darah dari vagina.

Untuk itu, lebih baik Anda gunakan pembalut biasa, tapi jangan lupa menggantinya secara rutin agar tidak mengalami infeksi.

Demikian uraian atau penjelasan singkat mengenai apa saja pantangan setelah operasi angkat rahim yang perlu anda pahami dan terapkan.

Berbagai pantangan yang disebutkan di atas memang terkesan sederhana dan tanpa anda sadari ternyata sudah anda lakukan.

Itulah mengapa anda juga merlukan kerabat atau keluarga di samping anda yang bisa membantu anda dalam proses pemulihan.

Pemulihan dapat cepat dilakukan jika anda secara maksimal bisa menghindari berbagai pantangan yang disebutkan sebelumnya.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan anda bahkan setelah operasi angkat rahim dilakukan.

Semoga setelah operasi dilakukan anda dapat kembali pulih dan kembali menjalankan hidup seperti biasa.

Harga Kapsul Kutuk Premium,

Untuk Pemesanan silahkan hubungi WA 085726590228

atau klik tombol berikut ini