5 Pantangan Makanan Setelah Operasi Caesar

5 Pantangan Makanan Setelah Operasi Caesar

[et_pb_section admin_label=”section”]
[et_pb_row admin_label=”row”]
[et_pb_column type=”4_4″]
[et_pb_text admin_label=”Text”]
Bagi ibu yang telah melahirkan melalui proses persalinan operasi caesar adalah menjadi masa yang cukup berat. Masa setelah operasi caesar merupakan waktu yang berat bagi seorang ibu yang melelahkan secara fisik dan mental. Sebagaimana yang dianjurkan setelah melahirkan membutuhkan makanan yang sehat dan menjauhi makanan pantangan pasca melahirkan yang dapat menganggu kesehatan Ibu dan Bayi.

Sangat diyakini tentunya, bahwa setiap ibu menginginkan proses melahrikan secara normal, dibandignkan dengan proses melahirkan caesar.

Selain biaya melahrikan caesar yang lebih mahal, dalam masa proses penyembuhan pasca melahirkan caesar juga tentu lebih lama.

Namun, ada beberapa kondisi kehamilan tertentu yang harus dilahirkan melalui persalinan caesar. Beberapa kondisi tersebut hanya dapat dilakukan melalui operasi caesar sehingga resiko komplikasi serta kemungkinan bahaya keselamatan bayi dan ibu bisa lebih ditekan.

Karena proses penyembuhan pada ibu hamil pasca operasi caesar yang lambat dan butuh perhatian ekstra makan ada beberapa pantangan makanan setelah operasi caesar yang harus dihindari oleh ibu.

Berikut beberapa pantangan makanan setelah operasi caesar yang sebaiknya dihindari oleh ibu.

Minuman Berkarbonasi

pantangan makanan setelah operasi caesar, pantangan setelah operasi caesar ,makanan pantangan setelah operasi caesar, pantangan makanan pasca operasi caesar

Minuman berkarbonasi adalah minuman tidak memiliki kandungan alkohol yang mengalami proses karbonasi.

Dosen dan Peneliti di Departemen Ilmu Teknologi Pangan, FATETA, IPB, Prof Dr Ir Made Astawan, MS menjelaskan karbonasi merupakan proses dari karbondioksida yang dimasukkan ke dalam cairan dengan tekanan tinggi. Kemudian masuk terikat dengan cairan tapi tidak permanen.

Ciri-ciri minuman berkarbonasi, lanjutnya, jika dikocok ada gelembung. Lalu ketika dibuka akan muncul suara letupan yang menandai karbondioksida lepas ke udara.

Selain itu, ketika dituang, minuman karbonasi mengeluarkan gelembung yang mendesis. Namun, gelembung tersebut lama-lama hilang. Kemudian menjadi datar dan menjadi cairan biasa seperti sirup.

Prinsipnya, makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gas dan perut kembung harus dihindari.

Selain dapat menghasilkan gas yang banyak, minuman jenis ini pun memiliki gula tambahan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang hendak menyusui.

Karena alasan tersebut maka minuman berkarbonasi menjadi salah satu pantangan makanan setelah operasi caesar.

Minuman berkafein

pantangan makanan setelah operasi caesar, pantangan setelah operasi caesar ,makanan pantangan setelah operasi caesar, pantangan makanan pasca operasi caesar

Apakah Anda mengetahui apa itu kafein ? mungkin beberapa dari Anda mengetahui tentang kafein. Kafein merupakan senyawa dari alkaloid xantina.

Kafein memiliki ciri berbentuk kristal dan mempunyai rasa yang pahit. Kafein pertama kali ditemukan pada tahun 1819 oleh orang Jerman bernama Friedrich Ferdinand Runge.

Dalam beberapa tumbuhan, kafein ini dapat digunakan sebagai peptisida alami, dimana serangga yang menyerang tanaman tersebut dan memakan serbuk kafein maka serangga tersebut akan mati.

Kafein biasanya ditemukan di dalam kandungan teh dan kopi. Kopi merupakan salah satu minuman khas dari Indonesia. Hampir semua kopi yang berada di Indonesia memiliki kandungan kafein.

Di Indonesia sendiri pecinta kopi sangatlah banyak, mulai dari orang tua, remaja, laki – laki, dan wanita. Sejak jaman batu, manusia sudah mulai mengkonsumsi kafein.

Kafein merupakan salah satu zat alami yang berfungsi sebagai stimulan sistem saraf dalam tubuh manusia. Kafein merupakan zat stimulan yang legal dan tidak ada aturan hukum yang mengaturnya.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bersama bahwa minuman yang mengandung kafein termasuk salah satu jenis pantangan makanan setelah operasi caesar, hal ini dikarenakan minuman berkafein seperti kopi dan teh memiliki sifat diuretiknya ( menambah kecepatan pembentukan urin).

Kelebihan kafein di dalam tubuh juga diketahui dapat menyebabkan masalah pertumbuhan pada bayi Ibu.

Makanan mengandung gas

pantangan makanan setelah operasi caesar, pantangan setelah operasi caesar ,makanan pantangan setelah operasi caesar, pantangan makanan pasca operasi caesar

Meskipun sayuran termasuk kedalam makanan setelah operasi caesar, beberapa sayuran yang kita kenal dapat memberikan efek berupa peningkatan produksi gas pada saluran pencernaan.

Produksi gas pada pencernaan dapat memberikan penekanan di bagian perut ibu pasca operasi caesar. Penekanan tersebut dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri bagi ibu.

Beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari terlebih dahulu pasca operasi caesar antara lain brokoli, kembang kol, jamur, lobak, dan lain sebagainya.

Makanan lain yang dapat memicu gas seperti lentil putih, kacang merah merah, kacang polong, kacang polong, kacang polong hijau, dan lainnya secara bertahap dan tidak berlebihan.

Untuk itu, sangat penting bagi ibu untuk mengetahui jenis sayuran apa saja yang termasuk dalam pantangan makanan setelah operasi caesar. Agar pada proses penyembuhan setelah operasi caesar lebih optimal.

Makanan yang digoreng

Jangan makan makanan yang digoreng karena sulit dicerna, terutama pada hari-hari pertama setelah melahirkan.

Hal ini karena makanan yang digoreng bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Makanan dan minuman dingin, beralkohol

Makanan dan minuman dingin juga sebaiknya dihindari dulu untuk periode waktu tertentu.

Minuman alkohol pun harus dihindari karena dapat merusak kemampuanmu memproduksi susu dan mengarah pada masalah perkembangan pada anak.

Adapun makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ialah pangan dengan gizi seimbang, khususnya pangan kaya akan zat besi.

Nah sebaiknya hindari 5 pantangan makanan setelah operasi caesar untuk mempercepat pemulihan ya.

 (Artikel ini pernah tayang di Nakita dengan judul : “Awas, 5 Makanan ini Harus Dihindari Usai Operasi Sesar”)

Apabila Anda Menginginkan agar luka operasi caesar cepat kering, Anda juga bisa memberikan obat tambahan Kapsul Kutuk Premium Obat Pasca Operasi Caesar .

[/et_pb_text]
[/et_pb_column]
[/et_pb_row]
[/et_pb_section]