Operasi Caesar Berapa Lama Prosesnya? Baik Bedah dan Pemulihan

Operasi Caesar Berapa Lama Prosesnya? Baik Bedah dan Pemulihan

Operasi Caesar Berapa Lama – Bedah Caesar kini tengah menjadi salah satu alternatif pilihan ketika akan melahirkan, hal ini dikarenakan banyak sekali anggapan diluar sana bahwa Operasi Caesar dianggap lebih mudah jika dibandingkan dengan melahirkan secara normal.

Saat ini, Operasi Caesar sepertinya semakin diminati tidak hanya oleh artis-artis Indonesia, akan tetapi orang masyarakat umum juga banyak yang berminat untuk melahirkan anak melalui operasi caesar.

Alasan utama para ibu memilih Caesar adalah karena anggapan melahirkan yang lebih mudah dan tidak sakit seperti melahirkan normal.

Namun, anggapan tersebut kurang tepat karena melahirkan secara Caesar malah akan berisiko lebih besar dibanding melahirkan normal.

Umumnya, operasi Caesar berjalan sesuai dengan rencana kelahiran yang sudah dibuat sebelumnya. Jarang terjadi kasus operasi caesar gagal selama prosedurnya sudah benar dan akan dilakukan pada keadaan darurat saja.

Operasi Caesar biasanya dilakukan setelah memasuki minggu ke-38 pada masa kehamilan sang ibu.

Sebaiknya, operasi Caesar memang dilakukan karena keadaan ibu untuk melahirkan secara normal tidak memungkinkan, seperti kasus bayi sungsang, mengalami plasenta previa, ukuran bayi terlalu besar dan lain sebagainya.

Alasan Dilakukan Operasi Caesar

Operasi Caesar biasanya dilakukan hanya pada kondisi darurat tertentu. Ibu hamil yang masih bisa melahirkan secara normal, sebaiknya melahirkan dengan normal saja. Terkecuali beberapa kondisi seperti berikut ini, yang mengharuskan ibu hamil melahirkan secara Caesar :

  • Ibu hamil ternyata akan melahirkan bayi kembar sehingga harus dilakukan Operasi Caesar Bayi Kembar
  • Ukuran bayi yang dikandung cukup besar, namun ukuran pinggul sang ibu kecil
  • Bayi dalam kondisi kaki di bawah rahim sementara kepala di atas (sungsang)
  • Ibu memiliki riwayat kesehatan yang akan berisiko jika harus melahirkan secara normal, seperti penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, HIV, plasenta yang bermasalah hingga terkena penyakit herpes.
  • Ibu memiliki pengalaman trauma saat sebelumnya melahirkan bayi pertama secara normal
  • Terjadinya proses pembukaan yang lambat sehingga bayi tidak cukup mendapatkan oksigen
  • Permintaan orang tua yang ingin bayinya dilahirkan melalui Caesar untuk alasan tertentu

Operasi Caesar Berapa Lama Prosesnya?

Setiap operasi tentunya harus melalui prosedur perencaan yang sangat matang, dalam hal ini termasuk juga operasi caesar. Dengan perencanaan yang matang, tentunya sangat diharapkan proses operasi caesar dapat berjalan dengan lancar.

Untuk itu, ada beberapa persiapan operasi caesar yang harus dipersiapkan dan dilakukan, sebelum operasi Caesar dimulai. Berikut beberapa hal tersebut :

  • Pengurusan administrasi
  • Proses Pembiusan (Anestesi), proses ini merupakan prosedur wajib yang harus dipenuhi agar pasien dapat melahirkan dengan lebih nyaman. Anestesi dilakukan untuk membuat ibu yang melahirkan tidak merasa sakit, namun masih tersadar dan bisa menyaksikan kelahiran bayi yang dikandungnya
  • Memasukan selang kateter, dilakukan agar bisa menampung urine ibu selama operasi caesar dilakukan
  • Pemberian antibiotic setelah operasi Caesar dilakukan, untuk mempermudah penyembuhan dan pengeringan luka sayatan bekas operasi Caesar.

Operasi Caesar terjadi layaknya operasi bedah lainya seperti operasi keperawanan yang sama-sama dilakukan pada pasien wanita.

Dari proses awal hingga akhir, waktu yang dibutuhkan, waktu yang dibutuhkan selama proses operasi Caesar , kurang lebih hingga 1 jam. Waktu tersebut dibagi-bagi dalam  setiap prosesnya, yaitu :

  • Proses Awal

Pihak dokter memberikan obat bius hingga bekerja pada tubuh ibu hamil yang hendak melahirkan. Setelah itu, dokter akan memberikan antiseptic untuk dioleskan pada bagian perut pasien.

Setelah itu, barulah dokter akan mulai membuat sayatan kecil pada bagian perut, tepat pada kulit diatas tulang kemaluan pasiennya. Proses ini akan memakan waktu sekitar 10 menitan.

  • Proses Inti

Setelah sayatan dibuatkan dan tembus hingga ke bagian rahim dan mencapai otot perut, dokter akan membuka jalan manual dan mulai mencapai rahim.

Kemudian dokter akan memotong pada bagian bawah rahim pasien secara horizontal. Setelah itu, biasanya dokter sudah bisa melihat kepala bayi dan mulai menariknya keluar.

Bayi yang berhasil dikeluarkan kemudian akan dibersihkan oleh suster, sementara dokter kembali melanjutkan untuk mengambil plasentanya. Proses ini memakan waktu sekitar 15 menit hingga 20 menit.

  • Proses Akhir

Operasi belum selesai, karena setelah bayi dikeluarkan, saatnya dokter untuk menutup bekas luka sayatan tersebut dengan cara menjahitnya kembali.

Proses ini merupakan bagian yang penting pada prosedur operasi caesar dan cukup rumit, serta membutukan waktu yang lama, sekitar lebih dari 30 menitan.

Dari proses dokter membuat sayatan, mengeluarkan bayi dari perut ibu, kemudian melakukan prosedur penjahitan kembali, waktu yang dibutuhkan untuk operasi Caesar ini rata-rata sekitar 60 menit.

Operasi Caesar Berapa Lama Pulihnya?

Pertanyaan ini sering kita dengar dari para pasien yang telah selesai menjalani proses persalinan dengan cara operasi / bedah caesar.

Perlu anda ketahui, setiap individu memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Sehingga dalam proses pemulihan pun tidak dapat ditentukan kapan, karena semua bergantung pada tingkat keparahan luka yang didapat.

Selain itu juga, ada beberapa penyakit yang bisa memperlambat penyembuhan luka operasi caesar, seperti salah satunya penyakit gula darah / diabetes.

Umumnya penyembuhan luka bekas operasi caesar akan berlangsung selama ± 4-6 minggu setelah operasi caesar.  Namun untuk sembuh total atau pulih 100%, maka akan dibutuhkan waktu ± 3 bulan (12 minggu).

Setelah 3 bulan, penelitian menyatakan bahwa luka sayatan bekas operasi caesar (dari kulit hingga ke rahim) akan menyembuh 100% jika tidak ada komplikasi setelah operasi caesar.

Setelah operasi, anda akan disarankan untuk lebih banyak beristirahat dan dilarang untuk melakukan beberapa pekerjaan berat agar tidak mengenai luka, yang dapat mengakibatkan beberapa hal fatal.

Operasi Caesar Berapa Lama di Rumah Sakit?

Dari pengalaman yang dialami oleh penulis sendiri, bahwa ibu yang telah melahirkan caesar biasanya harus menginap di Rumah Sakit (RS)  dalam kurun waktu 3-4 hari.

Hal ini dipengaruhi oleh keputusan dokter yang menangani pasien caesar tersebut.

Demikian sedikit informasi dari kami, semoga menjadi wawasan tambahan untuk persiapan operasi Anda.

Agar luka pasca operasi Anda ingin lebih cepat kering, Anda bisa menggunakan suplemen tambahan kapsul kutuk premium.

kapsul ikan kutuk, kapsul ikan kutuk di apotik, harga kapsul ikan kutuk, khasiat kapsul ikan kutuk

Untuk informasi lengkap Anda bisa langsung ke Link Berikut ini: