Melahirkan Caesar Dengan BPJS, 5 Hal ini Harus Anda Perhatikan

Melahirkan Caesar Dengan BPJS, 5 Hal ini Harus Anda Perhatikan

Melahirkan Caesar Dengan BPJS – Apa yang Anda bayangkan ketika mendengan kata “operasi caesar”?

Kami yakin, yang akan pertama anda bayangkan jika mendengar kata “melahirkan dengan Caesar” adalah sebuah proses persalinan yang akan memakan biaya yang cukup besar.

Hal ini tentunya sudah menjadi sesuatu yang umum dimasyarakat, berdasarkan pengalaman dan data yang penulis peroleh, untuk biaya operasi caesar pada tahun 2017 dan 2018 berkisar pada angka Rp 13 Juta rupiah.

Namun, kali ini menjadi sebuah pengetahuan dan informasi baru, ketika mencari banyak referensi dan juga informasi, ahirnya penulis mendapatkan bahwa saat ini bisa melahirkan caesar dengan bpjs.

Akan tetapi tidak semua proses melahirkan caesar bisa ditanggung oleh bpjs. Ada beberapa ketentuan khusus saat menggunakan BPJS untuk penanganan operasi sesar.

Apa saja ketentuan khusus yang harus dipenuhi agar ibu bisa melahirkan caesar dengan bpjs, berikut ini rangkuman yang kami dapatkan dari panduanbpjs.com

BACA JUGA: Perawatan Luka Operasi Dirumah

Ketentuan Melahirkan Caesar Dengan BPJS

Informasi berikut ini mungkin bisa menjadi tambahan bagi Anda sebagai persiapan ketika akan menjalani persalinan melahirkan caesar menggunakan bpjs.

1. Operasi Caesar Bukan atas Permintaan Sendiri

Melahirkan secara normal tentu saja menjadi sebuah keinginan dan impian oleh semua ibu yang sedang dalam masa kehamilan, akan tetapi banyak juga diantara sebagian orang yang ingin operasi caesar dikarenakan tidak kuat menahan rasa sakit atau bahkan malah ingin memperoleh hari atau tanggal yang bagus untuk kelahiran sang buah hati.

Perlu anda ketahui bahwa melahirkan dengan operasi caesar dengan bpjs tidak bisa atas permintaan sendiri, jika berdasarkan atas permintaan sendiri maka tidak ditanggung bpjs.

Namun apabila atas dasar medis dan rujukan dari dokter / bidan maka bpjs akan memberikan jaminan.

Dokter akan memberikan rujukan jika secara medis, proses persalinan pasien memang harus ditangani secara caesar.

2. Operasi Caesar Harus berdasarkan Indikasi Medis

Masih ada hubungannya dengan poin pertama, dimana operasi caesar yang ditanggung bpjs kesehatan harus berdasarkan indikasi medis dari dokter / bidan.

Misalnya pasien diindikasi penyakit, ketuban pecah, atau posisi bayi yang sungsang.

Apabila operasi caesar atas permintaan sendiri, karena mungkin takut merasakan sakit, atau mungkin ingin melahirkan ditanggal yang bagus atau lainnya maka tidak akan ditanggung bpjs kesehatan.

3. Bawa Surat Rujuan dari Faskes 1 

BPJS Kesehatan sudah menetapkan prosedur yang wajib diikuti oleh pasien yang membutuhkan persalinan dengan cara sesar.

Pasien yang tidak dalam kondisi “gawat darurat”, wajib memulai pemeriksaan di fasilitas kesehatan tingkat 1 seperti Puskesmas, poliklinik, dokter pribadi maupun Praktik.

melahirkan caesar dengan bpjs 2019,melahirkan caesar dengan bpjs kesehatan,melahirkan caesar dengan bpjs 2018,biaya melahirkan caesar dengan bpjs,cara melahirkan caesar dengan bpjs

Baca Juga : Biaya Operasi Usus Buntu Dengan BPJS

Jika menurut dokter ada indikasi persalinan harus secara sesar, kamu bisa meminta rujukan rumah sakit atau dokter akan memberikan rujukan rumah sakit untuk menjalani sesar.

Sekali lagi diingatkan, rujukan harus karena indikasi penanganan memang hanya bisa secara sesar ya, bukan kamu yang meminta sendiri.

4. Cek Kartu BPJS Anda, Apakah Masih Aktif?

Masuk pada tahap berikutnya adalah kartu BPJS pasien harus dalam keadaan aktif atau tidak memiliki tunggakan.

melahirkan caesar dengan bpjs 2019,melahirkan caesar dengan bpjs kesehatan,melahirkan caesar dengan bpjs 2018,biaya melahirkan caesar dengan bpjs,cara melahirkan caesar dengan bpjs

Agar operasi caesar ditanggung BPJS Kesehatan anda harus mendapatkan surat rujukan dan juga pastikan bahwa kartu BPJS anda dalam kondisi aktif (tidak ada tunggakan).

Maka dari itu, sangat penting anda membayar iuran bpjs tepat waktu agar status bpjs tetap aktif.

5. Bisa kok langsung ke Rumah Sakit, jika kondisi Gawat Darurat.

Tak perlu khawatir, jika memang kondisi gawat darurat maka anda bisa langsung pergi ke rumah sakit. Sesuai dengan ketentuan dalam BPJS, jika memang terjadi sesuatu yang membahayakan bagi ibu dan bayi seperti ketuban pecah, pendarahan, dan sebagainya maka bisa langsung ke UGD Rumah Sakit.

Dan jika ternyata, terdapat indikasi medis dari dokter yang menangani anda maka proses persalinan caesar akan ditanggung BPJS Kesehatan.

5 Ketentuan Operasi Sesar Ditanggung BPJS

Nah, itulah lima poin yang harus Anda penuhi apabila Anda menginginkan biaya operasi sesar bisa ditanggung oleh BPJS.

Pada intinya, apabila jika ditemuka adanya indikasikan secara medis memang harus menjalani operasi sesar, maka artinya kamu tidak jadi menguras tabungan.

Tapi jika bukan karena indikasi medis, BPJS tidak bisa digunakan untuk menanggung biaya persalinan dan operasi sesar.

Sebelum melakukan proses operasi caesar ada baiknya Anda melakukan persiapan, dimana salah satunya adalah menyiapkan kapsul kutuk premium untuk membantu proses penyembuhan luka operasi Anda.

kapsul ikan kutuk, kapsul ikan kutuk di apotik, harga kapsul ikan kutuk, khasiat kapsul ikan kutuk

Informasi Pemesanan Silahkan klik WA

0857-2659-0228

Atau Apabila Anda memiliki voucher gratis ongkir shopee silahkan klik Link:

SHOPEE