Makan Bakso Setelah Operasi Caesar, Bolehkah? Ini Penjelasannya

Makan Bakso Setelah Operasi Caesar, Bolehkah? Ini Penjelasannya

Makan Bakso Setelah Operasi Caesar – Seperti yang telah diketahui bersama bahwa, setiap ibu yang melahirkan baik melalui proses persalinan normal ataupun operasi caesar, bisa dipastikan ibu kehilangan 30%berat badannya.

Selain itu, setelah menjalani proses melahirkan ibu juga akan kehilangan banyak darah dan cairan dalam tubuh yang menjadikan tubuh terasa lemas.

Oleh karena itu, setelah melahirkan baiknya ibu makan makanan yang dapat mengembalikan energi.

Pertanyaannya, Bolehkah ibu makan bakso setelah operasi caesar? Jawaban nya tentu saja boleh, akan tetapi ada beberapa hal yang harus ibu perhatikan sebelum makan bakso.

Setelah melahirkan tentu saja ada tanggung jawab yang harus ibu laksanakan yaitu memberikan asi kepada sang buah hati, dengan tanggung jawab ini tentu saja ibu harus memperhatikan berbagai macam asupan zat gizi yang akan ibu konsumsi. Termasuk jika setelah operasi ibu ingin makan bakso.

Dalam 1 mangkok bakso ukuran sedang , terdapat 57 kalori, 3,69 g lemak, 2,12 g karbohidrat, 3,47 g protein.

Rincian Kalori: 60% lemak, 15% karbohidrat, 25% protein. Setiap 100 gram daging sapi terdapat 18,8 gram protein. Manfaat dan fungsi protein, antara lain yaitu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan pertumbuhan.

Adapun larangan makan bakso setelah operasi caesar adalah cara untuk mengurangi penyerapan zat buatan ke dalam tubuh. Baca Juga : makanan setelah operasi caesar

Zat buatan ini seperti MSG atau penguat rasa yang terlalu banyak, pewarna tekstil yang terdapat dalam saus tanpa merk.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan Ibu pasca operasi caesar saat ingin menikmati bakso yaitu :

1. Higienis / Kebersihannya

Higienis berarti tidak mengandung bakteri dan bebas borak. Kebersihan dapat dilihat dari penjual, apakah penjual mencuci tangan terlebih dahulu atau tidak. Tetapi sangat jarang sekali penjual yang mencuci tangan sebelum meracik 1 mangkok bakso dan kita pun tidak tahu apakah bakso tersebut bebas dari borak ata tidak. Jika merasa ragu untuk membeli bakso, lebih baik Ibu membuatnya sendiri dan akan terjaga kehigienisannya.

Jika tidak higienis bakteri akan masuk kedalam tubuh pasca caesar dari bakso hal ini dapat menyebabkan keluhan pada pencernaan, padahal pasca caesar pencernaan ibu sedang terganggu.

2. MSG/ Micin/ Penguat rasa

MSG/ Micin, vetsin, atau apa pun sebutan untuk penyedap makanan ini selalu diartikan negatif. Banyak sekali yang beranggapan bahwa mengkonsumsi msg/ penguat rasa akan mempengaruhi kerja otak.

MSG terdiri dari glutamat, sodium, dan air yang semuanya adalah zat gizi. Dan glutamat merupakan salah satu asam amino non-esensial yang secara alami ada di dalam makanan yang berperan meningkatkan metabolisme, fungsi otak, dan otot.

“Micin itu mono-sodium glutamat. Kalau pun kita tidak pakai micin, bahan-bahan yang kita gunakan pun mengandung asam glutamat,” kata Ahli Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ir Ahmad Sulaeman MS PhD belum lama ini di Malang, Jawa Timur.

Asam glutamat yang ada di micin juga terdapat di sumber makanan lain yang kita santap sehari-hari. World Health Organization (1970) menyatakan aman jika MSG dikonsumsi sebanyak 0-120 mg/kg berat badan. Di literatur dikatakan, Glutamat juga terdapat dalam ASI. Tetapi jika dikonsumsi dalam batas aman, maka tetap aman untuk bayi.

3. Saus

Apabila ibu makan bakso juga pasti akan menambahkan bumbu pelengkap seperti saus tomat. Saus tomat yang biasa digunakan oleh bakso keliling biasanya juga tidak menggunakan merk terjamin, jika adapun jarang sekali ditemukan.

Saus kemasan yang sering digunakan oleh penjual bakso biasanya dicampur dengan pewarna tekstil seperti rodanin B untuk mendapatkan warna merah cerah.

Beberapa merk saus, tidak mencantumkan tomat sebagai salah satu komposisi untuk membuat saus. Saus yang tidak higienis akan mempengaruhi alat pencernaan atau lambung dan usus, sehingga berbahaya bagi jahitan caesar ibu.

4. Sambal

Makan sambal setelah melahirkan amankah? Konsumsi sambal pasca melahirkan sebaiknya dikurangi. Karena rasa pedas akan membuat lambung panas dan ibu akan merasa tidak nyaman.

baca juga : pantangan pasca operasi caesar

 5. Sayuran mentah

Sayuran yang ada di bakso seperti daun sawi dan toge sebaiknya di hindari, alasannya adalah karena untuk sayuran mentah membutuhkan proses pelumatan yang lama, sedangkan kondisi perut ibu belum stabil pasca caesar.

Bakso baik untuk dikonsumsi selama tidak mengandung MSG terlalu berlebihan dan saus tomat kemasan.

Kaldu daging yang ada pada bakso mudah dicerna oleh lambung dan membantu ibu dalam mengumpulkan energi setelah melahirkan serta mengembalikan mineral yang hilang.

Pada bakso juga biasanya ibu akan menikmati mie kuning atau mie bihun yang disajikan bersama. Makanan ini memiliki tekstur yang agak kasar dan dibumbui dengan rempah-rempah.

Hal ini baik untuk latihan mengunyah dan membangkitkan nafsu makan. Bakso juga kaya akan protein yang membantu mengembalikan energi.

Wanita yang sedang menyusui membutuhkan kurang lebih 71 gram protein. Jumlah ini dapat dibagi ke dalam 3 jam makan, masing-masing 3 sampain 4 ons.

Boleh makan apapun asalkan Ibu tau batasannya. Berikut cara membuat bakso higienis untuk Ibu pasca operasi caesar.

Apabila ibu masih merasakan nyeri setelah operasi caesar, ibu dapat mencoba mengkonsumsi kapsul kutuk premium sebagai suplemen tambahan agar luka setelah operasi caesar lebih cepat kering.

kapsul kutuk premium

Pemesanan silahkan klik link WA:

Atau klik:

SHOPEE