Menggunakan Korset Pasca Melahirkan Caesar??

Menggunakan Korset Pasca Melahirkan Caesar??

Menggunakan korset pasca melahirkan caesar sangat umum dilakukan oleh para ibu-ibu yang baru saja menjalani operasi. Hal ini terjadi karena sudah warisan turun temurun dari nenek moyang, dan juga sangat masuk akal bagi para ibu untuk tetap menjaga penampilan setelah melahirkan, terutama ibu yang melalui proses melahirkan caesar.

Namun, ada beberapa hal yang harus ibu perhatikan ketika akan menggunakan korset pasca operasi melahirkan, terutama efek dan bahaya menggunakan korset pasca melahirkan caesar.

Bahaya Menggunakan Korset Pasca Melahirkan Caesar

Ternyata, dari segi dan ilmu kesehatan, menggunakan korset pasca melahirkan caesar itu sangat berbahaya, penggunaan korset pasca melahirkan caesar biasanya  menimbulkan beberapa reaksi seperti infeksi, tumbuh keloid dan mengakibatkan yang luka tak kunjung kering.

Bagi setiap wanita tentu saja penampilan adalah no satu, apalagi setelah melahirkan, akan tetapi perlu diingat uga bahwa selain penampilan ada juga yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilupakan yaitu kesehatan.

Pada beberapa kasus penggunaan korset mengakibatkan sebagian wanita yang menderita miom karena akibat dari tekanan pada daerah perut yang tidak bisa relaks, tekanan terlalu lama memicu hadirnya tumor jinak atau miom pada rahim. Bahaya korset setelah operasi caesar tentu saja tidak baik selain berpengaruh pada rahim, berpengaruh pula pada luka pasca operasi yang memicu alergi setelah bergesekan dengan kain korset.

Nah untuk itu, bagi kaum wanita sangat tidak dianjurkan menggunakan korset secara langsung pasca melahirkan caesar, tunggu hingga otot perut benar-benar sudah normal kembali, dan jangan lupa konsultasikan kepada dokter spesialis pilihan Anda tentunya.

Adapun jika ibu tetap ingin menggunakan korset pasca melahirkan berikut ini ada beberapa tips yang diambil dari situs alodokter.com 

Cara Menggunakan Korset Pasca Melahirkan Caesar

Permasalahan ini menjadi semakin pelik Makala tidak ada satu pandangan yang cukup mempuni tentang persoalan korset sebagai alat untuk mengecilkan perut pasca operasi Caesar. Ada beberap NItizen yang bertanya secara online, diantaranya adalah sebagai berikut:

Dok saya melakukan operasi caesar 2,5 bulan yang lalu. Apakah sudah boleh memakai korset?

Saya ingin mengecilkan perut dok 🙁Apakah penggunaan korset berbahaya untuk orang yang melahirkan dengan operasi caesar? Soalnya saya pernah baca artikel kalo korset itu katanya kurang baik untuk yg pernah operasi caesar.. Lalu jika berbahaya, apa solusinya lainnya ya dok?

  1. Ero Ari Angga menjawab demikian :

Terima kasih atas pertanyaannya,

Penggunaan korset biasanya sering digunakan dengan tujuan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Penggunaan korset setelah melahirkan dengan operasi caesar harus berhati-hati agar tidak mengganggu penyembuhan luka pasca operasi.

Korset yang dipilih karus yang berbahan halus seperti katun agar tidak terjadi gesekan dengan bekas luka dan penggunaannya juga jangan terlalu ketat karena dapat menyebabkan hambatan pada aliran darah sehingga menyebabkan gangguan pada penyembuhan luka pasca operasi. Yang penting Anda ketahui bahwa, penggunaan korset pasca melahirkan caesar bukanlah satu-satunya cara agar perut Anda kembali seperti keadaan sebelum hamil karena faktanya perut akan mengecil sendiri tanpa menggunakan korset.

Beberapa anjuran untuk Anda :

  1. Jika tubuh Anda sudah mulai kuat, Anda dapat melakukan olahraga ringan
  2. Hindari terlebih dahulu mengangkat benda berat
  3. Istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi
  4. Rawat luka bekas operasi dengan baik
  5. Konsumsi Obat Pasca Operasi Caesar

Semoga bermanfaat

Pendapat lain juga muncul, contohnya dari doter spesialis kulit dan kelamin Dr. Amaranila Lalita Drijono,Sp.KK saat workshop ‘Risiko Setelah Melahirkan’ di RS Bunda, Jakarta.

“Banyak bunda yang usai melahirkan langsung buru-buru menggunakan korset. Saya tidak melarangnya. Hanya saja bagi yang melahirkan caesar, ini akan mengganggu scar atau bekas lukanya. Bekas luka yang tergesek akan menyebabkan gatal dan luka jadi membesar (melebihi garis scar),” jelasnya.

Dari beberapa penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa, untuk mendapatkan penampilan yang menarik setelah melahirkan maka perlu olahraga yang rutin, tidak hanyak menggunakan korset pasca melahrikan caesar saja.

Selain itu, apabila ibu ingin tetap menggunakan korset pasca melahirkan caesar maka harus diingat kelima point diatas, yaitu olahraga ringan, hindari mengangkat beban yang berat, istirahat dan makan makanan yang bergizi, rawat bekas luka dengan baik, dan selalu ingat untuk mengkonsumsi obat pasca operasi caesar.

Selalu konsultasikan dengan dokter yang paling sesuai dengan pilihan Anda, karena dokter yang Anda percaya akan lebih cepat membantu dalam proses penyembuhan pasca operasi caesar.