Bolehkah Naik Motor Setelah Operasi Caesar? Ini Penjelasannya

Bolehkah Naik Motor Setelah Operasi Caesar? Ini Penjelasannya

Bolehkah Naik Motor Setelah Operasi Caesar ? Pertanyaan teersebut sering kali ditanyakan oleh para pasien operasi caesar, terutama yang memang dia melakukan segala kegiatannya seorang diri.

Perlu untuk ibu ketahui bersama bahwa, operasi caesar adalah salah satu tindakan medis yang dilakukan untuk mengeluarkan bayi dengan cara melakukan sayatan pada perut ibu.

Namun sangat disayangkan, masih banyak sekali para pasien yang belum mengetahui bagaimana merawat diri pasca operasi Cesar.

Sebetulnya yang perlu ditunggu pasca operasi Cesar ialah pemulihan luka dari irisan operasi yang biasanya menyembuh dalam waktu 4-6 minggu bergantung kepada tingkat percepatan pemulihan luka seseorang. Angka ini tidaklah mutlak namun hanya perkiraan.

Demikian pula dengan Anda yang sudah 25 hari dalam masa pemulihan mungkin saja luka sudah pulih sehingga risiko infeksi lebih rendah.

Namun demikian sejatinya kami memang menganjurkan pasien untuk tidak beraktivitas berat seperti misalnya mengendarai motor jarak jauh, hingga tubuh benar-benar pulih yang biasanya memakan waktu hingga 3 bulan.

Hal ini lebih lanjut dapat ditanyakan pada dokter kandungan yang menangani Anda untuk melihat bagaimana perkembangan luka Anda dalam kaitannya dengan aktivitas yang boleh maupun belum boleh dilakukan.

Selama waktu tersebut, tidak berarti harus selalu berbaring di tempat tidur. Justru sebaiknya melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki di sekitar rumah dapat mempercepat proses penyembuhan karena memperlancar aliran darah.

Selama aktivitas rumah tangga yang Ibu lakukan dalam batas wajar, itu aman saja.

Bolehkah Naik Motor Setelah Operasi Caesar?

Naik motor atau mengendarai motor sendiri masuk dalam kategori aktivitas berat bagi Ibu pasca operasi caesar.

Dokter tidak menyarankan Ibu pasca operasi caesar untuk melakukan aktivitas berat sampai luka benar-benar mulai membaik (luka menutup, tidak lagi berdarah dan tidak ada nanah) dan nyeri sudah berkurang.

Mengapa dokter menyarankan untuk menunda naik motor pasca operasi caesar? Hal ini dilakukan agar Ibu pasca operasi caesar bisa cepat pulih dan proses penyembuhan lukanya tidak terhambat.

Karena di khawatirkan akan terjadi infeksi dan hal yang lebih fatalnya jahitan dapat terbuka kembali yang nantinya mau tidak mau ibu harus melakukan penjahitan luka lagi.

Alhasil Ibu harus menjalani proses penyembuhan luka pasca operasi caesar lebih lama.

Jika memang terpaksa Ibu pasca operasi harus naik motor perhatikan hal ini agar Ibu tetap dalam keadaan baik.

  1. Hindari perjalanan jauh

Perjalanan jauh akan membuat Ibu pasca operasi caesar kelelahan dan akan mengakibatkan otot-otot perut menjadi tegang hal ini dapat memicu luka bekas caesar menjadi terbuka. Dan proses penyembuhan luka pasca operasi caesar menjadi bertambah lama dari sebelumnya.

2. Hindari jalan yang ramai

Jalan ramai akan sangat membahayakan Ibu pasca operasi caesar karena dapat mengakibatkan Ibu bersenggelon dengan pengendara lain yang mengakibatkan mengalami kecelakaan.

3. Atur batas kecepatan berkendara

Atur batas kecepatan berkendara 30-40 km/jam untuk menghindari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

4. Hindari jalan bergelombang

Jalan bergelombang akan sangat mempengaruhi pergerakan perut Ibu pasca operasi caesar. Perut ibu akan merasakan terguncang dan mempengaruhi jahitan pasca operasi caesar.

5. Pakai korset

Memakai korset menjadi pilihan benar saat mengendarai motor untuk Ibu pasca operasi caesar. Memakai korset dapat menopang perut Ibu dan membuat Ibu lebih nyaman dalam mengendarai motor.

6. Berhenti saat merasa lelah dan nyeri

Saat Ibu pasca operasi caesar merasa lelah atau nyeri, usahakan untuk berhenti terlebih dahulu. Alangkah lebih baik minta bantuan kepada keluarga untuk menjemput dan Ibu pulang dengan membonceng saja.

7. Konsultasikan terlebih dahulu pada Dokter

Jika Ibu merasa takut untuk mengendarai motor dan belum yakin maka ibu disarankan untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan ibu. Karena saat ini manfaat gadget sudah sangat dikenal masyarakat Ibu dapat meminta nomer dokter untuk berkonsultasi dengan cepat.

8. Save driver

Jangan lupa untuk selalu memakai helm dan membawa surat-surat kendaraan.

Kesimpulannya dokter tidak menyarankan Ibu pasca operasi caesar untuk mengendarai motor sampai benar-benar kering jahitannya dan tidak merasakan nyeri kurang lebih 5-6 minggu pasca operasi caesar. Untuk itu Ibu harus bersabar agar luka pasca operasi Ibu dapat berjalan cepat.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Bolehkah Makan Bakso Setelah Operasi Caesar?

Untuk Membantu proses pemulihan Setelah operasi caesar anda bisa mengkonsumsi

kapsul kutuk premium

Pemesanan silahkan klik link WA:

Atau klik:

SHOPEE