Biaya Operasi Usus Buntu Baik BPJS Maupun Mandiri

Biaya Operasi Usus Buntu Baik BPJS Maupun Mandiri

Bagi Anda yang saat ini sedang diberikan ujian dan membutuhkan informasi seputar biaya operasi usus buntu di berbagai wilayah di Indonesia.

Semoga artikel berikut ini bisa memberikan gambaran informasi kepada Anda tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan jika akan menjalani proses operasi usus buntu, baik itu mandiri atau menggunakan BPJS.

Sebelum membahas lebih jauh tentang biaya, sedikit akan kami sampaikan alasan mengapa pasien harus menjalani proses operasi usus buntu.

Operasi usus buntu harus dijalankan karena pasien yang sudah mengalami penyakit usus buntu yang kronis atau parah.

Pada awalnya, pasien mengalami radang usus buntu, sehingga organ usus buntu mengalami infeksi hingga terjadi perdarahan dan usus buntu pecah.

Operasi usus buntu termasuk pada jenis operasi besar, dimana tindakan pembedahan yang dilakukan nantinya dapat mengobati penyakit radang usus kronis yang dialami pasien.

Apabila pasien sudah memutuskan untuk mengambil jalan penyembuahan melalui operasi usus buntu. Maka pasien harus melakukan berbagai macam persiapan.

Selain persiapan mental, pasien tentu saja harus melakukan persiapan jumlah biaya yang akan dikeluarkan ketika akan menjalani proses operasi usus buntu.

Adapun biaya-biaya yang ditawarkan untuk operasi usus buntu, biasanya meliputi biaya jasa dokter dan perawat, biaya rawat inap, biaya obat serta biaya konsultasi dokter dan lain sebagainya, estimasi ini diambil pada tahun 2016, 2017, dan tahun 2018.

Biaya Operasi Usus Buntu dengan BPJS

biaya operasi usus buntu jakarta, biaya operasi usus buntu, biaya operasi usus buntu bpjs, biaya operasi usus buntu semarang, biaya operaasi usus buntu 2018

BPJS kesehatan merupakan fasilitas kesehatan yang akan memberikan tanggungan untuk biaya pengobatan, salah satunya adalah operasi usus buntu.

BPJS Kesehatan akan memberikan tanggungan biaya operasi usus buntu bagi pasien peserta BPJS Kesehatan yang berobat memenuhi prosedur.

Adapun prosedur yang berlaku di BPJS yaitu berobat menggunakan sistem rujukan berjenjang, silahkan berobat ke faskes 1 terlebih dahulu sebelum ke Rumah Sakit untuk mendapatkan surat rujukan.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya untuk operasi usus buntu tidak seluruhnya ditanggung oleh BPJS, ada tabel khusus mengenai pertanggungan untuk operasi ini.

Agar lebih memahami, berikut contoh perhitungan tanggungan biaya operasi usus bantu dengan BPJS:

Biaya operasi serta biaya rawat inap di rumah sakit A, dengan pilihan kamar kelas 1 menghabiskan biaya Rp. 11.200.000. Setiap peserta BPJS yang berhak mendapatkan hak kesehatan, maka BPJS memberikan tanggungan sebesar Rp. 5.300.000 dan sisanya akan dibiayai oleh pasien usus buntu tersebut.

Untuk mengetahui biaya yang ditanggung BPJS untuk Operasi Usus Buntu anda bisa tanyakan lebih lanjut di Kantor BPJS Kesehatan atau di Rumah Sakit tersebut.

BPJS juga sudah bisa dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota-kota di Indonesia seperti: Bogor, Tasikmalaya, Bekasi, Cilacap, Cirebon, Cibinong, Jember, Jambi, Kediri, Lampung, Malang, Pekanbaru, Tangerang, Solo, Cibubur.

Baca Juga : Obat Untuk Pasca Operasi

Advertiser Link:

Biaya Operasi Usus Buntu Mandiri

Bagi pasien yang mengalami sakit usus buntu dan berencana ingin melakukan operasi usus buntu agar bisa segera sembuh, Anda bisa memilih beberapa rumah sakit terbaik di Indonesia.

Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta , Surabaya, Semarang, Medan hingga wilayah lainya juga memiliki rumah sakit yang menawarkan operasi usus buntu dengan biaya yang berbeda-beda.  Biaya tersebut tergantung dari kelas yang diambil.

Umumnya, jika pasien mengambil kelas 3 maka biaya operasi usus buntu yang harus dibayarkan berkisar antara Rp. 7 juta hingga Rp. 15 jutaan.

Biaya tersebut biasanya belum termasuk biaya obat-obatan, rawat inap hingga jasa dokter dan perawat. Jika Anda memilih kelas 1 dan kelas 2 untuk operasi usus buntu, maka biaya yang diperlukan antara Rp. 12 juta hingga Rp. 20 jutaan lebih.

Berikut ini beberapa rekomendasi rumah sakit yang dapat dipilih untuk melaksanakan operasi usus buntu :

  • RS Mitra Keluarga Depok
  • RSCM Kencana
  • RSU Bunda Menteng
  • RSUP Fatmawati
  • RS Awal Bros Bekasi
  • RS Islam Cempaka Putih
  • RS Medistra
  • RS Panti Rapih Jogja
  • RS Siloam

Biaya untuk operasi usus buntu di atas merupakan biaya operasi yang tidak melalui BPJS atau biaya mandiri.

Biaya mandiri artinya sejak melakukan check up dengan dokter, hingga melakukan tes dan operasi usus buntu itu sendiri akan dibiayai dari keuangan pasien sendiri.

Biaya tersebut mungkin tidak akan menjadi masalah bagi pasien yang memiliki kemampuan ekonomi yang memadai.

Demikian sedikit tentang penjelasan seputar biaya operasi baik bpjs ataupun mandiri, semoga dengan mengetahui jumlah biayanya menjadikan kita agar selalu senantiasa lebih menjaga kesehatan.

Penyakit usus buntu walaupun masih merupakan gejala yang ringan, sebaiknya harus segera dilakukan pemeriksaan ke dokter.

Jangan menunda hingga usus buntu menjadi parah. Pertimbangkan dan cari informasi lengkap mengenai biaya operasi usus buntu, agar operasi bisa segera dilakukan.

Sponsorship: