Simak Estimasi Biaya Operasi Caesar Melahirkan dan Cara Persiapannya

Simak Estimasi Biaya Operasi Caesar Melahirkan dan Cara Persiapannya

Lahirnya sang buah hati adalah momen atau peristiwa yang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan rumah tangga, bukan hanya ibu dan bapak dari si jabang bayi saja, akan tetapi semua anggota keluarga baik itu kakek, nenek, serta kakak kakaknya.

Dalam proses persalinan tentu saja ada dua jalan yang bisa dipilih, baik itu proses melahirkan normal atau melahirkan melalui operasi caesar.

Hingga saat ini, kedua proses persalinan tersebut masih menjadi perdebatan diantara banyak keluarga, mulai dari keselamatan ibu, bahkan hingga kadang menjadi tindakan bulying ketika ada ibu yang melahirkan secara caesar.

Kembali kepada topik tentang biaya operasi caesar melahirkan, jika dibandingkan dengan proses melahirkan normal, biaya operasi caesar melahrikan tentu saja lebih mahal ya.

Sebelum Anda memutuskan untuk melahirkan secara caesar, yuk kita simak dulu ulasan tentang biaya operasi melahirkan caesar.

Menghitung Biaya Operasi Caesar Melahirkan

Operasi caesar menjadi satu-satunya cara saat persalinan ketika kandungan si ibu bermasalah. Ada juga yang memilih cara ini agar proses persalinan tanpa harus merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Apapun alasannya untuk mengambil langkah operasi caesar, pada dasarnya orang tua harus menyiapkan biaya yang lebih besar untuk proses persalinan dan proses pemulihan pasca persalinan. Lalu, berapa jumlah yang dibutuhkan? Yuk, simak perhitungannya di bawah ini.

Biaya Kontrol Kehamilan

biaya operasi caesar melahirkan, biaya operasi caesar, operasi caesar melahrikan

Kontrol kehamilan itu sangat penting ya bun, apalagi ketika janin berusia kurang dari 7 bulan, dimasa awal kehamilan ini sangat diperlukan untuk check up rutin bulanan ya, agar bunda mengetahui perkembangan janin bunda.

Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap kali kontrol rutin adalah sekitar Rp 100 sampai dengan Rp 200 ribuan, tergantung pada daerah dan juga dokter yang praktek.

Ketika janin berusia dibawah 7 bulan, waktu kontrol biasanya cukup hanya 1 bulan sekali, jadi biaya yang diperlukan adalah sekitar 6 x Rp 100 ribua = Rp 600 ribu, tentu saja biaya ini hanya jasa dokter saja ya belum termasuk USG dan juga obat.

Untuk obat yang diperlukan dalam waktu sebulan biasanya menghabiskan biaya sebesar Rp200 ribu untuk sekali kontrol. Untuk 6 kali kontrol menjadi 6 x Rp 200 ribu = Rp 1.2 juta.

Nah, ketika kandungan berumur 7 bulan ke atas, Anda perlu meningkatkan jumlah check up kandungan ke dokter dari yang sebelumnya 1x menjadi 2x per bulan.

Jika dijumlahkan, maka biaya yang diperlukan khusus untuk memeriksa kandungan sebelum melahirkan sebesar Rp 2.400.000.

Biaya USG Saat Kehamilan

biaya operasi caesar melahirkan

Menurut penelitian, USG baik dilakukan sebanyak 3x sampai 5x sebelum ibu melahirkan. Biaya USG sendiri berbeda-beda tergantung jenis USG nya, apakah 2D, 3D, atau 4D:

  • USG 2D di dokter ibu dan anak ditaksir sekitar Rp400 ribu – Rp500 ribu
  • 3D dan 4D ditaksir sekitar Rp700 ribu – Rp800 ribu
  • Berbeda dengan di bidan yang ditaksir sekitar Rp100 ribu – Rp200 ribu saja untuk semua jenis USG.

Jika ingin melakukan USG, tentukan tempat pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui total biaya yang perlu Anda keluarkan untuk USG.

Biaya Operasi Caesar Melahirkan

operasi caesar,operasi caesar kedua,operasi caesar melahirkan,operasi caesar adalah,video operasi caesar bayi sungsang,operasi caesar dengan bpjs kelas 1,cara operasi caesar

Setiap rumah sakit didaerahtentunya memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Sehingga, biaya operasi caesar disetiap daerah tentunya juga berbeda-beda.

Biaya operasi caesar antara Kabupaten Cirebon dan Tangerang tentunya berbeda.

Selain itu, beberapa rumah sakit juga memiliki perbedaan misalnya dalam pembiayaan pasien yang ditanggung bpjs.

Pada 2016 beberapa rumah sakit daerah (RSUD) tentunya diwajibkan menerima pasien operasi caesar yang biayanya ditanggung oleh bpjs, dan mendapatkan perawatan kelas 1.

Untuk wilayah Cilacap, beberapa rumah sakit yang tidak menerima bpjs biaya operasi caesar bisa sampai dengan 14 juta rupiah. Dengan asumsi rawat inap 3 sampai dengan 5 hari.

Jadi, bisa diambil kesimpulan untuk biaya operasi caesar tergantung pada daerah dan juga kebijakan rumah sakit masing-masing.

Biaya persalinan yang perlu dibayarkan kepada pihak rumah sakit tergantung dari jenis kamar yang dipilih saat berlangsungnya persalinan.

Biaya ini sudah mencakup biaya persalinan, makanan, fasilitas, dan obat-obatan untuk ibu dan bayi. Estimasi biaya yang perlu dikeluarkan, sekitar:

  • Kamar 3: Rp10 juta – Rp12 juta
  • Kamar 2: Rp13 juta – Rp16 juta
  • Kamar 1: Rp17 juta – Rp20 juta
  • Kamar VIP: Rp23 juta – Rp25 juta
  • Kamar SVIP: Rp25 juta – Rp30 juta

Baca Juga: Biaya Operasi Usus Buntu BPJS

Biaya Pemulihan Pasca Persalinan

Agar bekas operasi cepat sembuh, Anda perlu mengeluarkan biaya perawatan tambahan pasca persalinan.

Biaya tersebut bisa berbeda-beda tergantung dengan tingkat kondisi dan juga perawatan pasca operasi itu sendiri, biaya tersebut diperlukan untuk obat pasca operasi caesar.

Harga obat tersebut sebesar Rp230.000 per botol, biasanya pasien sembuh setelah mengkonsumi obat ini 1-2 botol

obat pasca operasi wasir, obat wasir, pasca operasi wasir

Apabila Anda membutuhkan Obat Luka Agar cepat kering pasca operasi caesar, silahkan hubungi dengan cara klik no WA 0857-2659-0228

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan kalau biaya operasi caesar akan menghabiskan dana kurang lebih Rp30 juta.

Untuk itu, persiapkan dari sekarang juga biaya operasi caesar melahirkan. Beberapa tips diantaranya yaitu:

  1. Menabung Sedini Mungkin
  2. Memiliki BPJS
  3. Menetapkan Tabungan harian

Demikian sedikit penjelasan mengenai Biaya Operasi Caesar melahirkan, semoga artikel ini bisa bermanfaat