Biaya Operasi Angkat Rahim di Rumah Sakit di Indonesia

Biaya Operasi Angkat Rahim di Rumah Sakit di Indonesia

Operasi Angkat Rahim atau yang dalam bahasa medis lebih dikenal dengan istilah Histerektomi adalah salah satu prosedur medis yang digunakan untuk mengangkat rahum wanita, yang tentu memerlukan biaya yang cukup besar.

Operasi angkat rahim sendiri biasanya direkomendasikan untuk wanita yang menderita penyakit tertentu dan sudah menjalani berbagai perawatan medis, namun kondisinya tidak kunjung membaik.

Histerektomi termasuk juga dalam kategori operasi besar, sehingga membutuhkan waktu pemulihan yang relatif lama. Namun ini tergantung pada usia dan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Dengan melalukan operasi angkat rahim tentu saja ada dampak yang harus diterima oleh pasien, salah satunya adalah pasien yang sudah menjalani oeprasi angkat rahim tidak bisa hamil lagi.

Hal ini dikarenakan rahim adalah salah satu organ vital wanita selain fungsinya sebagai alat reproduksi untuk mengatur menstruasi, hormon dan lain lain.

Sebelum masuk pada informasi seputar biaya operasi angkat rahim, akan lebih baik jika pembaca mengetahui beberapa kondisi yang mengharuskan dilakukan operasi angkat rahim (Histerektomi):

Miom

Miom atau Fibroid atau yang lebih dikenal dengan nama tumor merupakan jaringan berserabut yang tumbuh di area rahim dan juga sekitar rahim.

Hingga saat ini jaringan fibroid belum ditemukan apa sebenarnya yang menjadi penyebab tumbuhnya fibroid ini, akan tetapi sebagai deteksi dini perlu diketahui gejala adanya fibroid ini, salah satu gejala yang paling sering ditemui dan dirasakan adalah rasa sakit yang luar biasa saat menstruasi.

Menorrhagia

Menorrhagia disebut juga sebagai menstruasi berlebihan. Selain darah menstruasi yang keluar berlebihan, gejala lain yang mungkin dirasakan adalah kram dan nyeri perut.

Pada kondisi tertentu, perdarahan yang terjadi hanya bisa ditangani dengan histerektomi, terutama jika penanganan lain tidak berhasil menghentikan perdarahan, atau jika perdarahan yang terjadi memengaruhi kualitas hidup.

Endometriosis

Endometriosis ini terjadi ketika sel-sel lapisan dalam rahim ditemukan di luar rahim. Gejala yang paling sering terasa adalah sakit yang luar biasa pada saat menstruasi.

Radang panggul

adalah suatu kondisi dimana rahim dan beberapa bagiannya terkena infeksi, yang mana infeksinya sendiri tidak bisa disembuhkan untuk itu menjaga infeksi menyebar dan menjalar ke area lain operasi pengangkatan rahim akan dilakukan untuk mencegah infeksi menyebar lebih luas.

Sebenarnya infeksi bisa disembuhkan dengan pengobatan antibiotik namun dalam penyakit radang panggul infeksi sudah sangat parah dan tak bisa disembuhkan dengan obat obatan maupun antibiotik.

Adenomiosis

Kondisi ketika jaringan pada lapisan dalam rahim tumbuh di dinding otot rahim. Hal tersebut bisa membuat menstruasi terasa menyakitkan dan menyebabkan nyeri panggul.

Rahim kendur

Kekenduran ini terjadi ketika jaringan dan ligamen yang menopang rahim menjadi lemah. Gejalanya adalah nyeri punggung, urine bocor, sulit berhubungan seks, dan merasa ada sesuatu yang turun dari vagina.

Kanker kewanitaan

Kanker yang dimaksud di sini antara lain adalah kanker serviks, ovarium, tuba falopi, dan kanker rahim.

Pengangkatan rahim bertujuan agar jaringan kanker tidak menyebar kebagian tubuh lain yang menyebabkan kanker semakin parah.

Baca Juga : Obat Pasca Operasi

Biaya Operasi Angkat Rahim

Di Indonesia banyak sekali rumah sakit yang berkompeten untuk menangani operasi angkat rahim biaya operasi untuk angkat rahim dari rumah sakit satu dan yang lain pun berbeda beda tergantung kebijakan Rumah tersebut sendiri.

Jika anda berencana operasi angkat rahim dalam waktu dekat atau sedang mencari biaya operasi angkat rahim berikut ini adalah rekomendasi Rumah sakit di Indonesia beserta biayanya:

1. Siloam Hospitals Bogor

Terletak di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau Siloam Hospitals Bogor merupakan rumah sakit yang sudah bertahun tahun melayani masyarakat Bogor dengan sepenuh hati, rumah sakit ini terdiri dari 266 kamar dan dilengkapi berbagai peralatan medis modern dan didukung oleh ratusan Dokter yang berpengalaman di bidangnya. Biaya untuk operasi angkat rahim di Siloam Hospitals kurang lebih Rp 25.000.0000 ,namun perlu diingat biaya tersebut hanya untuk biaya untk operasi angkat rahim saja bukan termasuk kamar inap, konsultasi dengan dokter, obat obat dan lain lain. Untuk tarif kamar inap sendiri di Siloam Hospitals tergolong terjangkau mulai dari harga Rp 180.000 / per malam sampai dengan Rp 1.500.000 / per malam.

2. MRCCC Siloam Hospital Semanggi

MRCC Siloam Hospitals semanggi yang terletak di Ibukota Jakarta ini adalah satu satunya rumah sakit di indonesia yang khusus menangani kanker yang mulai beroperasi sejak tahun 2011, selain khusus melayani kanker disini juga banyak layanan lain antara lain kecantikan, gigi, onkologi, Gizi klinik, rehabilitasi medis, Dokter umum dan masih banyak lagi layanan lainya. Untuk biaya operasi angkat rahim di MRCCC Siloam Hospitals sama seperti di Siloam Hospitals bogor yakni berkisar Rp 25.000.000 dan biaya tersebut hanya untuk operasi saja belum termasuk untuk biaya laboratorium, konsultasi dokter, rawat inap, NO2, obat dan lain lain.

Tarif kamar inap di MRCCC Siloam Hospitals semanggi mulai dari harga Rp 257.000 / per malam hingga harga Rp 5.900.000 / per malam , tergantung type kamar apa yang anda pilih, untuk yang termahal adalah type Presidental suit yang per malamnya bertarif Rp 5.900.000 dan sudah dilengkapi fasilitas super premium dan mewah.

3.  Siloam Hospital Surabaya

Surabaya merupakan Ibukota Jawa Timur dan surabaya sendiri merupakan kota besar selain jakarta, jika anda tinggal di surabaya atau ingin melakukan operasi angkat rahim di surabaya anda bisa datang ke Siloam Hospitals Surabaya yang tepatnya di daerah gubeng, Rumah sakit sudah beroperasi lebih dari 20 tahun yang lalu dan masih menjadi rumah sakit utama tujuan operasi warga surabaya daj sekitarnya.

Disini banyak sekali layanan yang ditawarkan selain operasi katarak, operasi hemoroid atau operasi angkat rahim, antara lain klinik tulang punggung, klinik khusus tumbuh kembang anak, klinik khusus wasir ( Hemoroid ) , Klinik khusus diabetes dan stroke dan masih banyak lagi selain itu disini terdapat 124 yang ahli dibidangnya yang siap melayani setiap keluhan penyakit anda. Biaya operasi angkat rahim di Siloam Hospitals Surabaya sama seperti dua rumah sakit sebelumnya yakni berkisar Rp. 25.000.000 belum termasuk biaya laboratorium, konsultasi dokter, kamar inap dan obat obatan untuk pasien.

4. Rumah Sakit Premier Surabaya

Masih di surabaya tepatnya di kawasan timur surabaya yakni daerah sukolilo ada lagi rumah sakit yang bisa menjalani prosedur operasi angkat rahim yakni Rumah Sakit Premier Surabaya, rumah sakit yang mempunyai desain dan interior yang bergaya khas resort ini sudah berdiri sejak 16 maret 1998 silam dan salah satu rumah sakit terbaik dikelasnya karena semua dokter spesialis disini sudah bersertifikasi Medical Advisory Committee.

Meskipun Rumah Sakit Premier merupakan rumah sakit terbaik di kelasnya, anda tak perlu khawatir dengan biayannya karena biaya operasi angkat rahim disini sangatlah terjangkau mulai dari harga Rp 6.825.000 – Rp 24.700.000 tergantung kelas di pilih namun biaya belum termasuk biaya jasa Dokter, alat alat yang dipakai, kamar inap dan lain lain.

5. Siloam Hospitals Kebon jeruk

Siloam Hospitals Kebon Jeruk berdiri sejak tahun 1996 silam dan merupakan salah satu rumah sakit yang terakreditasi Joint Commision International (JCI), terletak di kawasan yang sangat strategis dan mudah dijangkau selain itu rumah sakit ini juga didukung oleh 149 dokter speasialis yang ahli dibidangnya. Biaya untuk operasi angkat rahim di Siloam Hospitals Kebon Jeruk biayanya kurang lebih  sebesar Rp 25.000.000, dan sama seperti rumah sakit sebelumnya biaya tersebut belum termasuk jasa dokter, kamar inap, laboratorium, alat alat, dan obat obatan.

7. Siloam Hospitals Denpasar

Terletak di lokasi yang strategis tepatnya di Kuta, Kabupaten Badung, Bali , Siloam Hospitals merupakan rumah sakit yang dengan sepenuh hati melayani warga bali dan sekitarnya maupun para turis, disini terdapat 117 Dokter yang ahli dibidangnya, selain itu disini juga terdapat layanan lain antara lain bedah plastik, bedah kardiovaskuler, kulit dan kelamin, THT dan masih banyak lagi. Jika anda berecana operasi angkat rahim di Siloam Hospitals Denpasar anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 25.000.000 , namun perlu di ingat biaya tersebut belum termasuk kamar inap, biaya NO2, sarana dan prasarana, obat obatan dan lain lain.

8. Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu

Berdiri sejak bertahun tahun yang lalu Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu sejak 1976, pada awalnya Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu merupakan adalah sebuah klinik bersalin yang lama kelamaan seiring berjalannya waktu berubah menjadi sebuah Rumah sakit, disini terdapat 23 dokter spesialis ahli yang siap 24 jam untuk anda. Untuk biaya operasi angkat rahim sendiri di Rumah sakit yadika pondok bambu sangatlah terjangkau yakni dari harga Rp 4.920.000 – Rp 26.393.491 tergantung kelas operasi yang dipilih, biaya tersebut belum termasuk NO2, jasa dokter, kamar inap, obat obatan, dan lain lain.

Itulah beberapa informasi seputar biaya operasi angkat rahim, untuk Anda yang memiliki bpjs bisa dikonsultasikan ke pihak bpjs yang bersangkutan ya.

perawatan luka operasi di rumah

Untuk Pemesanan silahkan hubungi WA 085726590228

atau klik tombol berikut ini