Berapa Lama Darah Nifas Keluar Setelah Operasi Caesar?

Berapa Lama Darah Nifas Keluar Setelah Operasi Caesar?

berapa lama darah nifas keluar setelah operasi caesar, nifas, masa nifas, lama masa nifas

Sebagaimana pendapat para sebagian besar atau jumhur ulama nifas adalah darah yang keluar mengikuti kelahiran atau darah yang keluar disebabkan melahirkan. Hal itu sama saja antara melahirkan secara normal atau pun sesar. Bahkan, meskipun perempuan itu keguguran dan mengeluarkan janin yang telah berbentuk serta memiliki kepala, kaki, dan tangan yang biasanya setelah 80 hari ke hamilan.

Jadi, darah yang keluar itu adalah darah nifas karena hukum nifas berkaitan dengan keluarnya darah setelah melahirkan. Jumhur ulama termasuk empat imam mazhab berpendapat, jangka waktu keluarnya darah nifas paling pendek tidak ada batasnya.

Nifas ini merupakan cara tubuh untuk menghilangkan lapisan yang ada pada rahim setelah melakukan persalinan. Darah nifas yang keluar setelah melakukan persalinan secara caesar jauh lebih banyak dibandingkan melakukan persalinan secara normal.

Hal ini dapat terjadi karena ada luka tambahan yang berupa sayatan pada bagian dinding rahim. Dan memang melahirkan melalui operasi caesar tidak sesakit melahirkan secara normal, namun tahap pemulihannya akan lebih lama dan meninggalkan bekas dari luka sayatan. Untuk meredakan rasa sakitnya bisa menggunakan obat pasca operasi caesar.

Advertising Klik:

kapsul kutuk, kapsul kutuk premium, kapsul kutuk albumin
Testimoni Kapsul Kutuk

Kembali pada topik utama yaitu berapa lama darah nifas keluar setelah operasi caesar dalam hal ini ada beberapa pendapat tentang berapa lama darah nifas keluar setelah operasi caesar?

Pendapat ini diambil baik dari pendapat para Ulama ataupun berdasarkan pendapat ilmu kesehatan.

Yang pertama menurut para Ulama

Ibnu Qudamah dalam al-Mughni menjelaskan, jika seorang perempuan melahirkan dan tidak mengeluarkan darah maka ia adalah suci dan tidak dalam keadaan nifas. Karena, nifas itu maksudnya adalah darah dan dalam hal ini darah itu tidak ada.

Imam Tirmizi dalam Sunan Tirmizi-nya menjelaskan bahwa para ulama dari kalangan sahabat dan tabiin serta orang-orang setelah me reka bersepakat (ijma), perempuan yang sedang nifas hendaklah meninggalkan shalat selama 40 hari kecuali kalau dia telah suci sebelum itu maka dia harus mandi dan shalat.

Adapun jika dia masih melihat darah keluar setelah 40 hari, mayoritas ulama mengatakan dia tidak boleh meninggalkan shalat setelah 40 hari. Ini adalah pendapat mayoritas fuqaha dan pendapat Sufyan al-Tsauri, Ibnu al-Mubarak, Syafii, Ahmad, dan Ishaq. Imam Tirmizi berdalilkan pada atsaryang diriwayatkan dari Ummu Salamah, “Adalah wanita yang nifas pada masa Rasulullah berdiam diri selama 40 hari.” (HR Tirmidzi dan Abu Daud).

Berdasarkan atsarini, jumhur ulama berpendapat, jangka waktu paling lama untuk keluarnya darah nifas adalah 40 hari dan darah yang ke luar setelah itu bukanlah darah nifas. Tapi, Mazhab Syafii dan Maliki berpendapat, jangka waktu paling lama untuk keluarnya darah nifas adalah 60 hari karena hal itu terjadi, di mana Rabi’ Syaikhnya Imam Malik mengatakan bahwa dia mendapati orang-orang mengatakan, selama-lamanya nifas adalah 60 hari.

Oleh karena itu, jika Anda melahirkan secara Caesar dan mengeluarkan darah setelahnya maka itu adalah darah nifas. Dan, jika berhenti sebelum masa 40 hari maka berarti Anda telah suci dan wajib mandi kemudian melaksanakan shalat.

Menurut Ilmu Kesehatan, artikel ini kami ambil dari forum tanya jawab pada situs klikdokter.com tentang berapa lama darah nifas keluar

Pertanyaan:

pagi dok, pada tanggal 10 juli yang lalu saya menjalani bedah cesar untuk kelahiran anak saya yang kedua, tapi sampai 20hari ini, pada luka bekas sayatan ditubuh saya timbul lebam/biru disekitarnya…pada bedah cesar anak saya yang pertama -sekitar 5 tahun yll- tidak pernah muncul biru/lebam..apakah hal ini berbahaya? apa karena saya terlalu aktif setelah pembedahan? darah nifas yang keluar untuk kelahiran bedah cesar, apakah harus selama 40 hari itu dok? -seperti kelahiran normal- dan apa bisa dibedakan darah haid dengan darah nifas? (perempuan, 33 thn,155 cm,42 Kg)

Jawaban:

Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina Anda. Masa nifas memang dapat selesai lebih cepat, karena darah sebagian besar telah dibuang ketika operasi sesar, namun hal ini sangat bervariasi bergantung pada pertimbangan dokter Anda.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan adalah lokai rubra (berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu, lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu, lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas. Dengan demikian, darah berwarna merah kental yang keluar setelah masa nifas berakhir (setelah perdarahan nifas lokia alba sudah berhenti) dapat diartikan sebagai darah menstruasi.

Dan mengenai bekas luka Anda yang kebiruan, kami sarankan sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda. Lama penyembuhan luka setiap orang berbeda satu sama lain, bergantung pada lokasi, usia, nutrisi, kurangnya suplai pembuluh darah, ada/tidaknya infeksi, teknik pembedahan, kondisi sistemik tertentu (anemia, faktor pembekuan darah, kencing manis), dsb. Mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi, idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut terhadap bekas luka operasi Anda yang kebiruan.

Dari beberapa penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa lama darah nifas keluar setelah operasi caesar dikasaran angka 40 hari atau bisa dibilang 6 minggu.

Akan tetapi apabila diantara Anda ada yang lebih cepat, maka diwajibkan bagi Anda untuk bersuci dan segera melaksanakan sholat.

Semoga penjelasan tentang berapa lama darah nifas keluar setelah operasi caesar , baik menurut pendapat ulama dan juga dari segi ilmu kesehatan bisa bermanfaat bagi para pembaca seluruhnya.

 

obat pasca operasi caesar, obat herbal pasca operasi caesar, obat pasca operasi caesar luka cepat sembuh